Siaga Film: Macabre

Menurut kamus besar Wikipedia, film horor itu adalah film yang dirancang untuk menerbitkan rasa ngeri, takut, teror, jijik, atau horor dari para penontonnya. Dalam plot-plot film horor, berbagai kekuatan, kejadian, atau karakter jahat, terkadang semua itu berasal dari dunia supranatural, memasuki dunia keseharian kita.
Tapi bukan berarti sebuah film horor itu harus dibangun dari sebuah cerita supranatural semata seperti yang kebanyakan beredar di bioskop2 Indonesia kan? Pernah nonton film buatan Hollywood seperti “Saw” ataupun “Hostel”? Film2 tersebut biasanya disebut sebagai horror gory atau slasher, yaitu film horor yang bertumpu pada penggambaran2 yang sadis dan menjijikkan dari perilaku psikopat ataupun pembunuh2 maniak yang menimbulkan rasa takut justru dari aksi teror dan kesadisan mereka. Nah, tampaknya film Indonesia pun akan segera merilis tema yang serupa lewat film berjudul “Macabre,” sebuah film garapan dua sineas muda berbakat Kimo Stamboel dan Timothy Tjahjanto yang lebih dikenal dengan julukan The Mo Brothers, mungkin bila film ini sukses mereka bisa dijuluki sebagai “Pang Brothers”-nya Indonesia. “Macabre” ini cukup layak ditunggu lantaran idenya berasal dari sebuah film pendek karya Mo Bro bertajuk “Dara.” Sebagian pecinta film agaknya cukup kenal dengan film slasher black comedy tersebut berikut aktris Shareefa Daanish tampil sangar di sana, karena sebelum ini film pendek tersebut sempat menjadi bagian dalam antologi horor Indonesia berjudul “Takut.” “Dara” sendiri sebenarnya adalah proyek percobaan dari Mo Brothers yang memadukan unsur Dark comedy dan Suspense/Slasher, tapi setelah mendapat sambutan dan pengakuan dimana2 termasuk beberapa recognition Festival Film Horror dan Fantasy di berbagai benua pada kurun waktu 2007- 2008, mereka pun melanjutkan visi itu melalui film panjang berjudul “Macabre” ini. Yang menarik, Mo Brothers dalam FAQ mereka di facebook Macabre mengatakan mereka ingin mengubah pandangan penonton Indonesia terhadap horor lokal.


Tetapi untuk membuat sebuah horor dengan aliran seperti film “Saw” yang penuh dengan adegan bunuh2an sadis dan darah dimana2 itu, dua sineas ini punya satu tantangan yang cukup bengis tampaknya untuk membawa film ini ke tingkat layar lebar untuk konsumsi bioskop, yaitu: LSF. Namun, Mo Bros sebelumnya telah berjanji untuk menjadikan skenario mereka tampil lebih bersahabat di hadapan gunting sensor itu sehingga tentunya nanti ga banyak adegan yang dibabat sehingga mempengaruhi jalannya cerita. "MACABRE ini film yang benar-benar memenuhi LSF, jadi kita akan mengikuti aturan LSF. Dan tema film ini kebaikan melawan kejahatan. Film ini akan dibuat dua versi, versi Indonesia dan versi internasional. Untuk versi Indonesia kita buat sesuai dengan LSF mau, kalau versi internasionalnya LSF nggak usah lihat lah. Pokoknya film ini memberikan nafas baru dalam perfilman nasional," ungkap Timothy Tjahjanto.


Menariknya lagi dari film horor sadis ini adalah barisan bintang yang meramaikannya, simak aja nama2 berikut: Julie Estelle, Shareefa Daanish, Michael Lucock, Ario Bayu, Sigi Wimala, Imelda Therine, Arifin Putra, Daniel Mananta, Dendi Subangil, Ruli Lubis, & Aming. Hampir sebagian besar adalah nama2 yang sudah tidak asing lagi di telinga dan masing2 pernah menjajal peran utama di berbagai judul film tanah air. Dari Julie Estelle, si bintang “Kuntilanak” hingga Aming yang tampaknya bakalan muncul sebagai cameo. Dua VJ MTV yang tidak diragukan lagi kemampuan mereka sebagai host juga unjuk gigi disini, yaitu Mike Lucock yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama VJ Mike atau Mike Muliadro, dan Daniel Mananta alias VJ Daniel. Mike sendiri sebenarnya juga tampil dalam film pendek “Dara” bersama sang pemeran utama Shareefa Daanish yang dalam “Macabre” ini justru berbagi porsi peran dengan para pemeran wanita utama yang tak kalah cantik lainnya.

“Macabre is a term used to describe Gothic, dark and grim works of literature and art that usually have strong connections with death.”

Macabre mengisahkan suatu malam yang paling mencekamkan bagi 6 orang teman lama.
Pada suatu malam, Adjie dan Astrid, pasangan suami-istri muda yang baru saja diberkati seorang bayi lelaki bernama Nico pergi ke Bandung bersama 3 teman baiknya, yakni Jimmy, Eko dan Alam. Perjalanan ke bandung ini sebenarnya merupakan sebuah usaha terakhir Adjie untuk berpamitan dengan adik nya ; Ladya. Kedua kakak-beradik ini sudah lama tak berhubungan lagi sejak kematian orang tua mereka, dan besoknya Adjie dan keluarganya akan terbang ke Australia untuk memulai hidup baru disana.
Pada mulanya pertemuan ini tak berlangsung dengan mulus, Ladya seorang pemberontak mempunyai sikap yang bertolak-belakang dengan Adjie yang orangnya dewasa dan kalem, tetapi atas bujukan Astrid, Ladya akhirnya mengalah dan dengan sungkan ikut bersama yang lain, mengantar Adjie dan keluarga ke Airport.
Tetapi perjalanan mereka terhenti ketika seorang perempuan berkulit pucat yang cantik menghampiri mereka, terlihat cemas dan linglung, gadis cantik ini mengiba ke keenam teman itu, "Nama saya Maya, dan saya baru saja dirampok"
Sesampai di rumah Maya, bertemulah mereka dengan seorang perempuan anggun dan misterius bernama Dara.


Disinilah kebaikan hati dan maksud baik menjadi awal bencana di hari yang kelam ini, tak menyadari bahwa keputusan mereka untuk mengantar Maya pulang akan menjadi sebuah katalis berdarah yang pernah di alami dalam hidup mereka.
Sekumpulan teman ini terjebak dalam sebuah situasi dimana satu-persatu dari mereka mulai dibantai secara sistematis, dan pada puncaknya, Dara akan melakukan apa saja untuk merebut Nico, bayi Adjie dari tangan kedua orang-tua nya.
Tanpa mengetahui apa sebab dari kekejaman dan kematian yang terjadi disekitar mereka, enam orang harus berjuang untuk kabur dari para penghuni rumah yang sepertinya memang dilahirkan untuk membunuh.
Siapakah Dara dan para penghuni rumah itu ? akankah ada harapan untuk selamat bila keluar dari rumah itu saja tampak mustahil, tak ada yang mampu menduga, tak ada yang siap, dan tak ada yang selamat..
Malam itu, semuanya tak akan baik-baik saja. (Sinopsis dari Macabre Blog)

(By: JC – Dari berbagai sumber)

CLICK THE IMAGE BELOW TO OPEN "MACABRE" GALLERY

1 Response to "Siaga Film: Macabre"

  1. Anonim says:

    sadis ni pilm,
    keren juga orang kita bisa bikin gininan

    two thumbs up

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme