9: Animasi Unik Berlatar Alamnya Terminator

Berawal dari Shane Acker yang membuat film pendek durasi 11 menit untuk tugas akhirnya ketika kuliah di UCLA. Hasil karyanya tersebut justru masuk nominasi Best Animated Short Oscar ditahun 2005. Pembuat film sekaliber Tim Burton pun begitu terkesan dan akhirnya mewujudkan niat Shane untuk mewujudkan film pendeknya itu menjadi sebuah tontonan layar lebar utuh dengan dana yang tentunya lebih besar. Apalagi film ini termasuk golongan film fantasi dan suasana yang cukup kelam yang menjadi ciri film yang sering dibuat Tim Burton seperti Batman.

Lewat film animasi uniknya yang berjudul "9" ini, Shane menceritakan kejadian pasca kehancuran dunia dimana mesin telah berhasil memunahkan ras manusia. Namun, ada sebuah kelompok kecil makhluk unik yang telah diberikan kehidupan oleh seorang ilmuwan pada hari2 terakhir manusia. Mereka disebut "Stitchpunk" dan mereka melanjutkan perjalanan cerita mereka di muka bumi pada masa kehancuran peradaban manusia. Adegan awal film dimulai ketika sebuah boneka hidup tersadar di atas reruntuhan puing bangunan. Salah satu boneka "Stitchpunk" itu mempunyai nama singkat saja, 9. Tak lama kemudian, 9 bertemu dengan kaumnya dan sekelompok boneka itu lantas berjuang menemukan cara cara untuk bisa mengalahkan mesin mekanik. Salah satu jenis mesin mekanik itu adalah sebuah kelelawar berkaki robot yang sangat sangar.
9

Teman-teman seperjuangan 9 di antaranya 1 yang disuarakan Christopher Plummer, serta 2, seorang veteran perang (Martin Landau). Lalu ilmuwan penemu tua bernama 3 dan boneka kembar yang bisa berkomunikasi satu sama lain tanpa suara dengan panggilan 4.
Tokoh lain yang tampil adalah seorang insinyur dengan panggilan 5 (John C. Reilly) insinyur, 6 seorang kreatif yang sering tenggelam dalam dunianya sendiri serta 7 (Jennifer Connelly) pejuang yang tangguh. Memiliki visi ingin menciptakan tatanan dunia baru tanpa kehadiran mesin2 mekanik yang memonopoli dunia, semua boneka hidup itu bergerak di bawah komando 9 untuk memperjuangkan kelangsungan bumi. Pertama2 mereka harus mengumpulkan kembali dan membebaskan satu-satunya jiwa manusia yang selamat, yakni jiwa The Scientist. Namun, tugas tersebut, ternyata, tidak mudah karena sembilan stitchpunk itu terpisah-pisah. Mereka juga harus menghadapi mesin-mesin ciptaan Fabrication Machine.



Virtual kamera dari film ini diposisikan hanya sembilan inci dari dasar lantai, menunjukkan dunia dari perspektif karakter. Hal ini melebarkan pandangan yang membutuhkan lingkungan dan karakter dengan detil tinggi. Di Starz Animation Toronto, 125 perancang animasi mengembangkan detil yang luar biasa banyak untuk tiap adegan. Hal ini membutuhkan karakter kuat untuk mengkomunikasikan karakter bahas tubuh, animasi raut muka, dan kombinasi dari latar belakang 2D dan 3D. Starz Animation Toronto yang menggunakan Autodesk, Inc.’s (NASDAQ: ADSK) Autodesk Maya dan Autodesk Mudbox 3D software. Starz Animation Toronto mengembangkan detil yang luar biasa banyak untuk tiap adegan. Hal ini membutuhkan karakter kuat untuk mengkomunikasikan karakter bahas tubuh, animasi raut muka, dan kombinasi dari latar belakang 2D dan 3D. Adam berkata, “Semua perancang saat ini dapat bekerja dengan 2D dan 3D, dan Maya membantu untuk menjembatani dunia. Hal ini membantu untuk mengambil jalan pintas tanpa mengkompromasikan kualitas visual, dan kita pun akan mendapatkan tiap kesempatan untuk menampilkan hal hebat.”
Adam menambahkan, “Kami menggunakan Mudbox untuk pertama kalinya dalam produksi ‘9’, terutama untuk detil dasar. Software ini telah membuktikan kehebatannya dan kami sangat ingin memakainya untuk proyek mendatang. Maya telah menjadi tulang punggung untuk pipeline digital kami sejak Starz Animation Toronto membuka pintunya. Kami sangat kagum dengan kekuatannya,fleksibilitas, dukungan hebat dan komunitas besar dari para perancang.”
Dengan hasil kerja keras Shane Acker dan tim animasinya memang film ini tampil dalam visualisasi dan detil yang sangat mengagumkan. Animasi terlihat sangat halus dan begitu rapi sehingga Anda pasti akan berdecak kagum dengan teknologinya yang sangat beda dari Transformer atau Harry Potter sekalipun. Sound effect yang dihadirkan juga terhitung dahsyat begitu juga dengan karakter setiap boneka yang punya ciri khas masing2. Para pengisi suaranya juga bekerja maksimal untuk memberikan jiwa bagi setiap "Stitchpunk" dalam film ini.

Tetapi latar belakang kehancuran dunia dan kekuasaan mesin yang dihadirkan disini juga sebenarnya bukan barang baru lagi, udah sering banget film2 jenis fiksi ilmiah kaya' gini yang mengisahkan hal serupa. Salah satunya tentu yang baru aja beredar yaitu "Terminator Salvation." Narasi yang dihadirkan dalam "9" bisa dibilang juga kurang padat dan ending yang tidak mampu menawarkan greget lebih sehingga begitu mudah untuk dilupakan ketika meninggalkan gedung cineplex.

9

















Meskipun begitu, film ini tetap memberikan banyak pelajaran tentang sebuah perjuangan tanpa henti, solidaritas, kesetiakawanan dan banyak hal yang positif sehingga cocok ditonton oleh Anda bersama keluarga tercinta.
9




















Jenis Film :Animation

Duber :
Elijah Wood
John C. Reilly
Jennifer Connelly
Christopher Plummer
Crispin Glover
Martin Landau

Sutradara :
Shane Acker

Penulis :
Shane Acker
Pamela Pettler
Ben Gluck

Produser :Tim Burton, Timur Bekmambetov

Produksi :Focus Features

Homepage :http://www.filminfocus.com/focusfeatures/film/9
Galerry :
http://www.shareapic.net/content.php?gid=728917&owner=ixeman

Durasi :79

4 Response to "9: Animasi Unik Berlatar Alamnya Terminator"

  1. Sebenarnya aku lumayan suka sama 9. Setting dan karakternya terutama bikin gw jatuh cinta. Gw emang demen setting yang post-apocalypse, sementara kesembilan karakter dalam 9 ini semuanya memorable di mata gw. ^^

    sayang ceritanya mengecewakan. film itu yang penting, cerita.. cerita... cerita...

    tapi posternya keren

    Jek_sho says:

    QREn abis bro...
    laem knal bro

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme