Siaga Film: The Day The Earth Stood Still

the_day_the_earth_stood_still

Dalam “The Day The Earth Stood Still,” sebuah rekayasa kontemporer dari film sci-fi klasik tahun 1951 dengan judul yang sama, seorang ilmuwan terkenal bernama Dr. Helen Benson (Jennifer Connelly) harus berhadapan dengan seorang Alien dalam perwujudan manusia bernama Klaatu (Keanu Reeves), yang berkelana jauh dari planetnya menuju bumi untuk membawa kabar dan peringatan tentang krisis global yang sedang mengancam umat manusia.
Apakah tema film yang akan segera dirilis ini punya beberapa kemiripan yang menyentil krisis ekonomi yang sedang melanda dunia, terutama Amerika saat ini? Yang pasti dalam film ini bukan hanya sekedar krisis di bidang keuangan tadi yang mampu membawa bencana besar bagi manusia, tapi juga krisis keseimbangan alam dan juga moral para umat manusia itu sendiri.
Ketika sebuah kekuatan federal yang berada diluar kontrol Helen memperlakukan sang makhluk asing layaknya musuh dan juga menolak permintaannya untuk menyampaikan pesan itu kepada pemimpin negara, Helen dan anak angkatnya Jacob (Jaden Smith) kemudian mulai menyadari kenyataan2 mengejutkan dibalik pernyataan Klaatu bahwa dia adalah “sahabat bumi.”
Sementara pemerintah dan para ilmuwan berlomba berusaha memecahkan misteri dibalik kehadiran Klaatu, Helen harus menemukan cara untuk meyakinkan semua orang bahwa benar2 ada sesuatu yang telah dikirimkan dari luar sana untuk membasmi segala kehidupan di bumi, walaupun mungkin itu semua sudah terlambat.the_day_the_earth_stood_still_image_1Tidak dapat dipungkiri, kalau manusia sudah lama sangat tertarik dengan kemungkinan kalau ada satu bentuk kehidupan lain di luar alam semesta sana. Dari sinilah mengapa berbagai karya science fiction tercipta dan film tidak hanya dibuat sebagai hiburan semata, tapi juga sebagai wadah dari pertanyaan2, harapan bahkan ketakutan akan kehidupan asing tersebut. Berbagai spekulasi telah turut mempengaruhi imajinasi dan pikiran kita, mengilhami berbagai penemuan teknologi2 baru untuk lebih mengekplorasi segala hal jauh di luar planet bumi ini, hingga benar2 ditemukan kenyataan bahwa sebenarnya kita tidak sendiri.

“The Day the Earth Stood Still” versi orisinal adalah sebuah revolusi pada zamannya, tidak hanya memberikan penjabaran baru tentang Alien, pesawat luar angkasa dan robot, tapi juga berbagai variasi nekad alegori2 yang familiar dengan kondisi pada masa itu yang sedang mulai dilanda oleh era perang dingin. Diproduksi sesudah perang dunia II atau awal perang dingin serta penggunaan bom atom, film tersebut untuk pertama kalinya merefleksikan dengan kuat sekali kekhawatiran kultural terkait dengan kekerasan, politik, dan kemungkinan kehancuran global. Satu lagi yang menarik dari filmya yaitu kisahnya yang diceritakan dari sudut pandang Alien, yaitu Klaatu. Mungkin telah begitu banyak kita menyaksikan sebuah kisah tentang Alien, tapi jarang sekali kan kita menontonnya justru dari sudut pandang si makhluk asing ini.the_day_the_earth_stood_still_image_2Pemasangan aktor Keanu Reeves sendiri sebagai sosok Klaatu dalam film ini bisa dibilang sangat cocok, Keanu yang terkenal dengan sosok dingin dan aktingnya yang rada kaku itu diperkirakan akan benar2 menguasai dan mendalami sosok seorang Alien yang canggung dan super cool ini. Lewat film remake berbudget besar dan penuh permainan spesial efek kelas tinggi ini juga diharapkan dapat membawanya kembali kepada popularitas seorang aktor kaliber Hollywood setelah film2 nya paska trilogy “Matrix” kurang begitu sukses di pasaran.

Apakah film ini nantinya akan benar benar cocok menjadi tontonan di tengah resesi yang sedang melanda berbagai negara di bumi ini? Setidaknya mampu membawa berbagai pesan agar kita sadar untuk lebih menjaga bumi ini demi kelangsungan hidup anak cucu kita di masa mendatang.(JC)

GALERI FILM:

VIEW FULL GALLERY

0 Response to "Siaga Film: The Day The Earth Stood Still"

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme