Emosi Dan Misteri Di Balik Kabut The Mist

“The Mist” adalah horor tentang teror makhluk makhluk asing pemangsa manusia juga horor psikologis yang mengupas keseraman di balik karakter tiap tiap manusia itu sendiri. Digubah dari salah satu novel hasil karya si raja horor Stephen King yang mungkin sudah ga asing lagi di telinga, film ini mengambil setting yang sebagian besar hanya berputar di satu tempat saja yaitu di sebuah swalayan di kota kecil Maine (kota favorit King yang paling sering muncul di cerita2 nya). Setelah badai besar yang melanda kota ini, seorang pria bernama David Drayton (Thomas Jane) bersama anaknya berangkat ke supermarket lokal untuk membeli persediaan makanan. Sudah bisa ditebak, kalau sebagian besar penduduk kota juga akan berkumpul disitu untuk mencari kebutuhan mereka masing masing. Tapi apa yang terjadi kemudian adalah datangnya kabut putih yang menutup pandangan memenuhi setiap sudut kota, sehingga tidak ada seorang pun yang berani menembusnya. Terjebak bersama di dalam supermarket, mereka akhirnya menyadari akan datangnya bahaya yang lebih besar lagi yaitu apa yang berkeliaran dan menunggu didalam kabut itu untuk siap memangsa siapa saja yang berani masuk kedalamnya. Diam dan menunggu bantuan yang tak kunjung juga tiba, masing masing karakter yang berkumpul didalam supermarket kecil ini juga mulai memunculkan taring mereka masing masing, yang mungkin sama ganasnya dengan makhluk makhluk di luar sana. Dimulai dari seorang wanita sok religius bernama Mrs. Carmody (Marcia Gay Harden) yang menjadi provokator dan memantik api di kumpulan manusia yang ingin mencari keselamatan ini, menimbulkan dua kubu yang siap saling menyerang padahal di luar sana masih begitu banyak makhluk haus darah yang siap memangsa mereka. David yang akhirnya diceritakan berhasil lolos dari supermarket itu bersama anak dan beberapa temannya ternyata harus menghadapi kenyataan lain yang tak kalah mengenaskan diakibatkan oleh ketakutan dan kepanikannya sendiri.

Sesuatu yang melegakan saat menonton film ini adalah di saat di begitu banyaknya horor yang mengangkat tema tema sadis sekarang ini, masih ada horor yang coba mengupas dalam karakterisasi dan psikologi seperti ini, dan justru lewat pendekatannya pula, “The Mist” mampu memunculkan ketegangan ketegangan yang keren dan mengesankan. Sutradara Frank Darabont yang juga sudah cukup familiar dalam menangani cerita milik King ke layar lebar, setelah sebelumnya sudah luar biasa berhasil lewat “The Shawshank Redemption” dan “The Green Mile”, kembali berhasil mengemas film ini dengan sangat detil. CGI dan efek make up yang dihasilkan juga termasuk sangat baik diikuti pula oleh beberapa kreasi bentuk bentuk menyeramkan dari monster monster di balik kabut. Tapi bagaimanapun, horor sebenarnya yang ingin dimuncul dari film ini adalah justru bahaya yang bisa timbul dari setiap kondisi kemanusiaan yang ada disini. Skrip adaptasi Darabont dari novel King mampu menerjemahkan setiap karakter dalam film ini dengan cermat, mengambarkan dan mengikuti kondisi kejiwaan masing masing tokoh dalam menghadapi ketakutan dan perlawanan mereka untuk tetap hidup, lewat cara mereka masing masing yang kadang sangat diluar dugaan.

Yang mungkin masih menjadi kelemahan film ini adalah hadirnya beberapa adegan yang masih gampang tertebak. Tapi kemampuan “The Mist” untuk berkoneksi dengan penontonnya lewat plot yang emosional dan memancing rasa ingin tahu, membuat beberapa problem kecil itu cukup mudah untuk dilupakan. Kalau film film monster biasa hanya hadir untuk menakut nakuti kita lewat berbagai aksi brutalnya tapi berbeda dengan film ini yang sanggup menggali lebih dalam lagi lewat permainan emosinya yang siap menghantui perasaan dan pikiranmu lewat pendekatannya yang brilian. Walaupun diputar agak terlambat di Indonesia (hampir berbeda satu tahun dari peredarannya di Amerika, dan mungkin para penonton disini sudah keburu menyaksikannya lewat DVD bajakan) tapi film ini masih sangat sangat layak bagi kamu yang bener bener pengen nonton sebuah film horor yang berkualitas baik. (JC)

Skor: 8

0 Response to "Emosi Dan Misteri Di Balik Kabut The Mist"

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme