Astro Boy : Sang Robot Hero

Astro_Boy

Astro_Boy


astro boy

Kamu penggemar film kartun Jepang?
Pasti sudah tidak asing dengan tokoh Astro Boy atau Atom. Astro Boy adalah robot anak laki – laki yang memiliki kekuatan luar biasa. Ia memiliki kekuatan, penglihatan x-ray, pendengaran super,kecepatan luar biasa dan kemampuan untuk terbang. AwalnyaAtom dibuat karena Dr. Tenma kehilangan putranya Tobio, yang tewas karena kecelakaan. Ia pun merasa kesepian. Dengan keahliannya dan dibantu oleh Dr Elefun dengan menggunakan energi biru (blue energy), ia pun menciptakan robot sebagai pengganti Tobio. Robot ini bernama AstroBoy atau Atom.
Belakangan, Tenma sadar Astro Boy tidak bisa menggantikan Tobio, putra kesayangannya. Robot itu tidak bisa tumbuh menjadi dewasa dan tidak memiliki emosi layaknya manusia.
Tenma kemudian memutuskan untuk membuang Astro Boy. Padahal saat itu, Astro Boy sudah mulai menganggap Tenma sebagai ayahnya. Meski sedih dengan penolakan ayah angkatnya, Astro Boytak patah arang. Justru disinilah petualangan heroik sang bocah super berawal.


astro_boy












Dia pun akhirnya mendarat di gunungan sampah. Dalam gunungan sampah tersebut, dia bertemu dengan beberapa robot rongsokan. Sampai akhirnya dia bertemu dengan satu geng yang terdiri dari tiga robot. Oleh geng ini, nama Tobio diganti menjadi Astro Boy. Dalam usaha mencari jati dirinya, Astro Boy pergi untuk mempelajari kegembiraan dan emosi manusia.
Astro_Boy
Akan tetapi terjadi kejahatan di kota Metro sehingga Astro Boy menyusun kekuatan dan kembali untuk menyelamatkan kota Metro, tempat ayahnya bermukim, dari ancaman kejahatan. Berbekal rasa cinta terhadap sang ayah, Astro Boy pun melindungi Metro City. Astro Boy pun menjadi superhero baru. Ia dapat memerangi kejahatan dan ketidakadilan yang merugikan manusia. Kebanyakan musuh Astro adalah robot-robot yang tak senang pada manusia dan robot yang marah. Astro Boy penuh perdamaian, robot yang mencintai dan peduli kepada sesama manusia.


Film Astro Boy ini disutradarai David Bowers. Sebelumnya, David Bowers adalah sutradara yang cukup kawakan dalam menggarap fim. Film animasi yang pernah ia menggarap , seperti Shark Tale, Prince of Egypt, Wallace & Gromit, Chicken Run, dan Flushed Away.
Dalam soal teknik, film kartun tiga dimensi ini sempurna dan canggih sehingga mengesankan sebagai film robot yang hidup, di mana setiap lekuk dan permukaan robot terasa ada dan dekat dengan penonton. Cuma sayang mimik muka Astro Boy terlalu ceria seperti anak manusia tidak seperti serial Astro Boy yang seperti saya lihat dilayar kaca.

Tokoh Astro Boy bermula dari serial komik manga Jepang yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1952. Tokoh karya “sesepuh manga” Osamu Tezuka ini mulanya lahir dari serial komik Atomu Tashi yang berubah menjadi Tetsuwan Atomu dengan tokoh Astro. Komik yang dibuat sejak tahun 1952 hingga 1966 ini beredar di Indonesia dengan judul Astro Boy.

Tokoh ini “masuk” ke dalam film kartun di televisi sejak tahun 1963. Komik ini kemudian memang menjadi komik pertama yang difilmkan di televisi, selain negara-negara lain yang susul-menyusul meminta hak tayang hingga diberi warna dan diisi suara oleh negara yang bersangkutan.

Kisahnya memang tentang robot fiktif bernama Astro Boy. Astro Boy kemudian dikenal di Amerika dan seantero negara Barat. Sekalipun di hampir setiap cerita selalu melibatkan perang robot, tampilnya Astro Boy yang berperan sebagai tokoh protagonis mengusung nilai positif buat kanak-kanak. Unsur psikologi pun dimunculkan dalam peran setiap robot itu. Pada intinya, cerita dalam Astro Boy tetap menekankan pada masalah moral, tanggung jawab, kepahlawanan, sekaligus juga tentang kehilangan satu tokoh dengan tokoh lainnya.

Film ini cocok menjadi tontonan anak-anak. Banyak nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya, seperti kewajiban anak terhadap orang tua. Atau, perjuangan seorang anak menemukan sisi kedewasaan dalam tiap masalah yang timbul serta memecahkan berbagai masalah yang ada.
Dari sisi tema, ASTRO BOY ini masih bisa disebut relevan karena meski diciptakan lebih dari lima puluh tahun yang lalu namun ide cerita film ini masih bisa disebut futuristik hingga saat ini. Dengan sedikit modifikasi dari cerita aslinya, maka tokoh yang lahir setengah abad yang lalu ini masih bisa diterima konsumen saat ini.

Namun tidak semua hal dalam film ini terlihat mulus. Misalnya, sisi humor yang diselipkan di film tak sepenuhnya berhasil mengocok perut penonton. “Kebanyakan penonton merasa hambar,” ujar Christy Lamire, kritikus film yang dikutip oleh msnbc.msn.com.
Selain itu, hubungan ayah dan anak yang terjalin antara Astro Boy dan Tenma tidak sepenuhnya mampu menggerakkan hati penonton. “Banyak pergulatan antara ayah dan anak dalam film ini tapi tidak tidak seluruhnya bisa meneteskan air mata Anda,” kata Lamire.

Astro_boyNamun tak perlu terlalu kecewa, untuk pengisi suara film ini mengundang aktor – aktor terbaik seperti Freddie Highmore yang pernah membintangi film Charlie And The Chocolate Factory mengisi suara Astro Boy.Sedangkan aktor Nicholas Cage mengisi suara sang ayah, Profesor Tenma. Dan masih banyak lagi. Sedangkan versi Hong Kong, Aaron Kwok dan Ian Iskandar Gouw yang pernah memainkan peran ayah dan anak dalam film After This akan mengisi suara dalam film ini. Sementara itu, versi Jepang film ini diisi suara oleh aktor terkenal Ueto Aya dan Koji Yakusho. Dan versi daratan Tiongkok, Xu Jiao, Zhang Tielin, Wang Gang dan pengisi suara profesional lainnya akan bersama-sama mengisi suara dalam film ini.
Aktris kecil Xu Jiao yang pernah memainkan peran anak cowok dalam film CJ 7 mengisi suara sebagai Astro Boy

Film kartun 3D Astro Boy dibuat bersama Tiongkok, Jepang dan Amerika Serikat. Upacara pemutaran perdana film Astro Boy diadakan di Beijing.

Wah jadi penasaran nih sama aksi Astro....
VIEW GALLERY

Jenis Film :Animation

Pengisi Suara :
Freddie Highmore
Kristen Bell
Nathan Lane
Eugene Levy
Bill Nighy
Nicholas Cage
Charlize Theron
Donald Sutherland

Sutradara : David Bowers

Penulis :
Timothy Harris
Osamu Tezuka (comic)

Produser :Maryann Grager

Musik : John Ottman

Penyunting : Robert Anich Cole

Studio : Imagi Animation Studios
Homepage :

http://www.astroboy-themovie.com/

VIEW GALLERY

0 Response to "Astro Boy : Sang Robot Hero"

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme