Horror Indonesia Bikin Karma

Film Indonesia memang sudah identik dengan horror, entah kenapa genre satu ini seakan bagai bagian yang tak terlepas dari perkembangan perfilman di negeri ini. Mau BBM naik, demo dimana mana, suasana politik yang gonjang ganjing, tetep aja film horror terus diproduksi dengan mutu yang pas-pasannya. Bulan Juli ini tepatnya di tanggal 24 nanti di bioskop-bioskop tanah air bakal beredar sebuah horror yang agak lain dari yang lain, dari posternya saja sudah bisa terbaca kalau film satu ini akan mengambil latar belakang etnis Tionghoa (yang gue pikir mungkin film-nya lebih cocok beredar saat musim Imlek-an). Dengan jajaran aktor dan aktris yang juga notabene memiliki latar belakang keturunan hingga sutradaranya sendiri yaitu Allan Lunardi. “Karma” jadi satu pilihan tontonan yang menarik yang coba mengangkat tema yang lebih bervariasi lewat salah satu keunikan tradisi yang ada di Indonesia ini. Mantan model yang beralih profesi ke dunia layar lebar dimulai dari keikutsertaannya dalam film garapan Nia Dinata “Berbagi Suami,” Dominique akan menjadi pemeran utama dalam horror ini. Walau masih keturunan Tionghoa, Dominique mengaku tetap melakukan riset dan eksplorasin tentang tradisi dan budaya Tionghoa agar dapat lebih mendalami perannya dalam film. “Bagi aku difilm ini sangat berbeda, ceritanya penuh inspiratif, dan dengan genre-nya yang horor. Film ini tetap mengandung pesan yang berguna buat masyarakat,” ungkap Dominique.

Karma menurut ensiklopedi bebas di Wikipedia mengandung makna hasil. Terjemahan bebasnya adalah apa yang kita kerjakan di masa kini akan berbuah di masa mendatang. Filmnya sendiri menceritakan tentang kematian-kematian yang misterius dalam Keluarga Guan. Salah satu keturunan mereka, Armand (Joe Taslim) jatuh cinta pada Sandra (Dominique Agisca). Sandra adalah anak satu-satunya dari keluarga yang cukup berada. Di tengah-tengah kacaunya situasi negara pada Mei 98, Sandra diungsikan ke Melbourne, Australia. Di sinilah ia bertemu dengan Armand, anak lelaki dari istri kedua Phillip (Hengky Solaiman), ayahnya, anak pertama dari kakeknya,Tiong Guan (H.I.M. Damsyik). Ibu Armand meninggal secara misterius setelah meahirkannya. Begitu pula istri pertama ayahnya setelah melahirkan Martin (Verdi Solaiman), kakak tirinya, dan istri-istri kakeknya juga meninggal secara misterius setelah melahirkan anak pertama. Armand yang merindukan figure wanita di kehidupannya pun jatuh cinta pada Sandra. Namun hubungan mereka tidak disetujui keluarga Sandra. Armand yang begitu mencintai Sandra menjadi kekuatan hidupnya yang baru. Maka ketika akhirnya ia mengandung anak Armand di luar nikah dan diusir oleh keluarganya, Sandra tidak peduli dan pulang ke Indonesia karena janji Armand untuk menikahinya. Sandra tidak sabar untuk menikmati menjadi bagian dari keluarga Armand dan perempuan satu-satunya di keluarga Guan. Di awal cerita akhirnya, Armand memperkenalkan Sandra kepada anggota keluarga Guan. Kakek Armand, Tiong Guan (H.I.M. Damsyik) yang sudah lumpuh karena stroke, menyambut mereka dengan lemparan gelas hingga pecah berantakan. Lalu, ada kakak tiri Armand, Martin (Verdi Solaiman); yang ibunya pun meninggal secara misterius, terlihat agak sinting dan selalu mengurung diri di kamar. Kejadian-kejadian aneh muncul sejak malam pertama Sandra tinggal di rumah keluarga barunya itu. Suara gemerincing gelang kaki yang membuat bulu kuduknya berdiri sering sekali terjadi saat ia seorang diri. Setelah itu, Sandra selalu dihantui oleh sosok seorang wanita berpakaian pengantin Cina kuno dan suara-suara yang menyuruhnya pergi dari rumah itu. Karena cintanya pada Armand dan keadaannya yang tengah hamil 6 bulan, Sandra pun bersikeras untuk tetap tinggal dan mencari tahu misteri apa yang ada di balik malapetaka yang terjadi pada semua perempuan di keluarga Guan, walaupun keselamat-an dirinya terancam.

Selain Dominique, yang juga turut mengisi jajaran cast film ini adalah Jonathan Mulia, cowok yang juga penyiar yang juga sudah tidak begitu asing lagi bagi penonton Indonesia dan Jenny Chang, mantan atlet bola basket yang kini terjun ke dunia layar lebar dan harus harus berperan sebagai anak tunggal dari keluarga mapan yang meninggal dan menjadi hantu dalam film ini. Bagaiman pendapat mereka sendiri tentang film ini? Jonathan yang sebelumnya bisa dilihat aktingnya dalam Gie dan Mirror ini mengaku kurang percaya dengan yang namanya Karma, “Untuk dibilang percaya, mungkin enggak ya. Tapi namanya anak sekarang, kadang-kadang kalau mengalami sial suka bilang ya ini memang udah karma gue,” selorohnya. Dalam film ini, Jo berperan sebagai Guan dalam versi masa lalu. Di sana diceritakan bahwa Guan adalah seorang Tionghoa totok dan mau tak mau meyakini hadirnya karma dalam kehidupannya. Sementara Jenny mengalami pengalaman yang cukup unik sepanjang syuting berlangsung. Dalam upaya menolak bala atas perasaan takut ataupun kejadian yang tidak diinginkan, cewek satu ini malah dapat angpau, “Iya, dalam budaya Chinese, untuk menolak bala terhadap seseorang, biasanya orang tersebut dikasih angpau,” katanya saat ditemui dalam acara Gala Premiere film terbarunya tersebut pada Selasa (16/7) malam di Plaza EX Jakarta. “Karena pada awalnya saya sangat takut untuk masuk ke peti mayat yang sudah berusia cukup tua, makanya saya dikasih Angpau supaya tidak terjadi apa-apa sama saya,” tukas Jenny. “Kostum hantunya panas banget, dan bajunya itu persis kayak orang meninggal di Hongkong,” ungkap Jenny. “Apalagi aku juga harus tidur di peti mayat tua itu, lengkap deh pengorbanan aku, keringetan plus merinding.”

Prediksi: Karena blum nonton filmnya, gue coba mereview awal film ini berdasarkan trailernya yang telah gue liat. Dari segi ide dan setting sih kayanya film ini udah cukup berhasil menghadirkan sesuatu yang baru kalo dibandingkan horror yang lain, tapi kesan sinetron masih tampak melekat banget pada adegan2nya, penampakan hantu nya juga ga nyeremin dan terkesan biasa aja. (By JC)

(Bahan-bahan: Cineplex21, Siaran Pers)

0 Response to "Horror Indonesia Bikin Karma"

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme