Thor : Satu Lagi Anak Dewa yang Turun ke Bumi

thor

Di tengah ketidakpastian film-film blockbuster bakal tayang atau tidak di bioskop tanah air, kita dibuat iri dengan berita-berita tentang film-film superheroes yang mulai "menyerbu" bioskop di Amerika Serikat. Superhero yang siap beraksi adalah Thor. Salah satu cara "menyambut" kedatangan para super hero tersebut adalah dengan menyediakan tiket yang bisa dikoleksi. Tiket Thor collectible tersebut ada 8 varian yang masing-masing memuat karakter-karakter yang ada di film Thor. Dan juga di setiap tiket khusus ini disertai potongan footage 35 mm dari film Thor. Tiket khusus ini disediakan oleh Hollywood Archives Collectible Inc yang memang merupakan terobosan baru dalam industri film di dunia dan tiket ini bisa dipesan secara online. Makin bikin iri aja nih.

Mungkin kamu tidak terlalu mengenal salah satu tokoh komik Marvel yang bernama Thor . Untuk diketahui Marvel comics mempunyai beberapa tokoh super hero seperti Hulk, Captain America, Iron Man, Hawkeye, Nick Fury, Black Widow, Thor dan beberapa tokoh super hero lainnya.

Marvel comics memang berencana untuk membuat versi film untuk semua tokohnya. Dari beberapa super hero tersebut, beberapa sudah pernah di buat versi filmnya sepeti Hulk, Iron Man, Spiderman, X-Men. Untuk super hero lainnya seperti Captain America segera dibuat versi filmnya, sedangkan Thor siap tayang.

Film ini layak untuk kamu tonton meskipun kamu tidak familiar dengan tokoh super hero ini. Thor (Chris Hemsworth) menceritakan tentang seorang prajurit perkasa yang memiliki kekuatan dan dianggap sebagai bagian dari dewa. Ia adalah putra Odin , penguasa Asgard (kerajaan para dewa). Tetapi karena sifatnya yang arogan dan menyebabkan bangkitnya permusuhan yang sudah berumur ratusan tahun, dia diusir dari Asgard dan diturunkan di Bumi agar hidup membaur dengan umat manusia. Turunnya Thor ke Bumi ternyata membuatnya menjadi salah satu pejuang yang melindungi Bumi.

thor
Didalam pengasingannya, Thor harus membuktikan bahwa ia layak menjadi putra Odin dan kembali bertahta di Asgard. Di bumi, Thor bertemu seorang ilmuwan yang bernama Jane Foster (Natalie Portman), wanita yang mengenalkannya pada kata cinta. Di sini, dia menyadari kesalahannya dan belajar apa yang harus dilakukan untuk menjadi "jagoan sejati".

Bersamaan dengan lahirnya pahlawan baru, muncul juga musuh yang paling berbahaya dari Asgard, ia mengirimkan kekuatan jahat untuk menyerang bumi. Ternyata ada yang tak mengharapkan kembalinya Thor ke Asgard dan berusaha untuk menghancurkan bumi beserta isinya. Thor yang kini sudah menganggap bumi sebagai rumahnya pun tergerak untuk bangkit. Walaupun memiliki kemampuan super namun bukan berarti Thor bakal bisa dengan mudah menanggulangi ancaman ini.
thor
Selain musuh Thor dari Asgard yang menyerang, Film "Thor" telah mengundang reaksi keras bagi organisasi Council of Conservative Citizens (CofCC). Pihak CofCC yang berkantor di St. Louis, Missouri, berencana memboikot film "Thor" via online ketika film 3D tersebut dirilis 6 Mei 2011. Pasalnya, Marvel Studios dianggap menghina kebudayaan kuno dalam mitologi Nordik (kepercayaan masyarakat Eropa Utara) dengan menghadirkan sosok Dewa Heimdall berkulit hitam di "Thor". Padahal selama ini, Heimdall dianggap sebagai "Dewa Putih".

"Sepertinya Marvel Studios percaya kalau orang kulit putih seharusnya tak memiliki keunikan apapun dalam diri mereka," demikian bunyi artikel yang tertulis di website CofCC. "Dalam film yang akan dirilis berdasarkan buku komik Thor, Marvel melakukan penghinaan kebudayaan dengan mengubah karakter Dewa Esir (Dewa yang memegang peranan penting). Salah satu Dewa akan diperankan oleh DJ Hip Hop Idris Elba."


CofCC juga sempat mempertanyakan keputusan Marvel memilih Idris mengingat dalam kisah komik "Thor" kreasi Marvel yang rilis 1960 juga menampilkan sosok Dewa Heimdall berkulit putih. Selain dianggap bernuansa politis, Idris bahkan dinilai mencari sensasi karena tampil sebagai Dewa yang seharusnya berkulit putih.

"Kisah Thor sebenarnya mitos bukan? Thor punya palu yang bisa terbang ke arahnya ketika dia menjentikkan jarinya. Hal itu tidak masalah, tapi kulit saya justru dipermasalahkan?" ujar Idris di saluran TV Kabel Inggris, TV Times, sekitar April. "Jika kalian tahu segala hal tentang mitologi Nordik, Dewa Heimdall tidak terlihat seperti saya namun itulah yang terjadi. Saya rasa kita perlu melakukan kasting berdasarkan banyak tingkatan. Saya rasa kita akan melihat hal itu dan saya hal itu cukup bagus."


Ini adalah versi keempat film Thor dalam versi layer lebar. Untuk versi terkininya, pembangunan naskah film Thor dipercayakan kepada Mark Protosevich, yang bersama timnya; Ashley Miller, Zack Stentz dan Don Payne. Sedangkan penyutradaraannya diserahkan kepada Kenneth Branagh. Branagh menjelaskan, dalam versi terkininya, dia menghadirkan sosok Thor lebih manusiawi, dengan menghadirkan permasalahan dan pemecahannya dari sudut pandang manusia, meski yang diceritakan adalah sosok mitologi.

Branagh dikenal juga sebagai aktor yang handal, selain sutradara dan penulis skenario yang telah teruji. Sejumlah film layar lebarnya banyak mendapatkan apresiatif postif adalah Hamlet (1986), yang juga menempatkannya sebagai nominator penulis skenario terbaik dalam Special Jury Award Nominated - Academy Award for Best Writing untuk skenario adaptasi terbaik. Seperti film Love's Labour's Lost (2000), The Magic Flute (2006), dan As You Like It (2007).
Sebenarnya, proyek film ini dimulai sejak lama, sebelum pihak Marvel Studios menyepakati Protosevich untuk mematangkan skenarionya pada tahun 2006. Pada awalnya nama Matthew Vaughn dipercaya menjadi sutradara pada akhir 2008, sebelum akhirnya digantikan Branagh.

Jika kamu telah menyaksikan film seri Iron Man yang kedua, maka dibagian kredit film akan muncul sebuah tayangan dimana seorang Agen Shield bernama Phil Coulson berada pada sebuah gurun daerah New Mexico. Daerah sekitar gurun terdapat sebuah kawah seperti jatuhnya meteor dan terdapat sebuah palu raksasa.
Itu adalah awal mula Thor diumumkan sebagai proyek selanjutnya dari film The Avengers yang telah dijadwalkan oleh pihak Marvel untuk mulai diproduksi pada tahun 2012 mendatang yang menggabungkan semua super hero Marvel. Film ini dibintangi oleh beberapa nama besar sebut saja Chris Hemsworth (Star Trek) memerankan Thor, Natalie Portman sebagai Jane Foster, Anthony Hopkins sebagai Dewa Odin, Tom Hiddleston sebagai Loki, Jaimie Alexander sebagai Ksatria Asgardian, Clark Gregg sebagai Agent Phil Coulson, Colm Feore, Stellan Skarsgard, Kat Dennings, dan Ray Stevenson juga termasuk dalam jajaran pemain. "Thor".

Dalam dunia Marvel, popularitas Thor tak pernah bisa menandingi Spider-Man atau Wolverine. Itu sebabnya Thor termasuk lambat diangkat menjadi sebuah film. Meski demikian Thor tak pernah lepas dari The Avengers bersama Iron Man dan Captain America. Walau terlambat dibuat film, sesungguhnya karakter Thor sangat potensial, apalagi membawa unsur mitologi. Dengan arahan sutradara Kenneth Branagh dan dukungan bujet yang besar, seharusnya film THOR tak akan terjerembab seperti halnya film "The Punisher.

# Tahun 2005 Matthew Vaughn sempat akan menyutradarai film ini. Saat itu ia menyebut film ini sebagai 'kelahiran seorang pahlawan, perpaduan antara 'GLADIATOR' dan mitologi Norse. Sayangnya ia kemudian malah menyutradarai film superhero Marvel yang lain ('KICK-ASS' dan 'X-MEN: FIRST CLASS').

# Awalnya, Dr Donald Blake, identitas lain dari Thor akan dimasukkan dalam film ini dan Kevin McKidd sempat dipertimbangkan menjadi pemerannya.

# Agustus 2007 lalu, Matthew Vaughn diminta untuk menyutradarai film yang naskahnya digarap Mark Protosevich ini. Matthew sempat akan memulai syuting akhir 2008 lalu sayangnya perjanjian awal hanya sampai bulan Mei. Akhirnya Matthew mundur dan digantikan oleh Kenneth Branagh.

# Di tahun 1990-an, Sam Raimi berencana menyutradarai film ini setelah ia menuntaskan 'DARKMAN' (1990). Belakangan ia kemudian menyutradarai 'SPIDER-MAN' dan sekuelnya.

# Naskah awal yang ditulis Mark Protosevich ternyata terlalu banyak menggunakan special effect dan diperkirakan memakan biaya sekitar US$300 juta. Belakangan Protosevich mengubah naskah yang ia buat agar bujet bisa diturunkan sampai US$150 juta.

# Jim Carey adalah aktor favorit untuk memerankan karakter Loki sejak ia bermain apik dalam film 'THE MASK' (1994) yang juga memunculkan karakter Loki. Nama Josh Hartnett juga sempat dirumorkan akan memerankan Loki.

# Gemma Arterton sempat dipertimbangkan untuk memerankan Jane Foster.

# Brad Pitt, Channing Tatum, Paul Levesque, Daniel Craig, Charlie Hunnam, Tom Hiddleston, Alexander Skarsgård, Liam Hemsworth, Joel Kinnaman sempat dijagokan untuk memerankan Thor meski akhirnya peran ini jatuh ke tangan Chris Hemsworth.

# Jessica Biel dan Diora Baird sempat digosipkan akan memerankan Sif.

# Brian Blessed juga sempat digosipkan akan memerankan Odin.

# Zachary Levi sempat dijagokan untuk memerankan Fandral namun aktor ini mundur karena jadwal yang berbenturan. Dominic Cooper juga bernasib sama dan akhirnya Stuart Townsend yang terpilih. Sayangnya beberapa hari sebelum syuting aktor ini mundur dan Josh Dallas mengambil alih perannya.

# Bulan Desember 2004, David S. Goyer sempat negosiasi untuk menyutradarai film ini.

# Sekitar September 2008 D.J. Caruso sempat akan menangani proyek ini.

# Tahun 2000-an lalu, film ini akan dijadikan film televisi dan aktor Tyler Mane dicalonkan menjadi Thor.

# Tom Hiddleston sempat dipilih karena pernah berkolaborasi dengan Kenneth Branagh dalam drama berjudul 'IVANOV' serial televisi 'WALLANDER'.

# Awalnya, Tom Hiddleston ikut audisi untuk peran Thor, tapi Kenneth Branagh merasa aktor ini lebih cocok untuk peran antagonis dan memberinya peran Loki.

# Tom Hiddleston sengaja diet ketat sejak sebelum syuting sampai pengambilan gambar selesai karena ia ingin Loki terlihat ramping dengan wajah yang ganas.

# Natalie Portman menerima peran Jane Foster karena ia tak ingin menyia-nyiakan kesempatan bermain dalam film adaptasi komik yang disutradarai sosok seperti Kenneth Branagh.

# Menurut Kenneth Branagh, tantangan terbesar film ini adalah memadukan dunia Asgard dan bumi di abad ke-20.

# Kenneth Branagh sendiri adalah fans berat komik THE MIGHTY THOR sejak ia masih anak-anak.

# Anthony Hopkins merasa ada kesamaan antara dirinya dengan sosok Odin.

# Sekali lagi Stan Lee, sang penggagas komik Thor muncul sebagai cameo. Ia memerankan sopir truk yang berusaha mengangkut Mjolnir.

# Seting kota tempat kejadian film ini dibangun di Galisteo, New Mexico.

# Palu bukanlah barang yang asing buat Chris Hemsworth karena ia sempat bekerja sebagai tukang selama beberapa tahun saat ia di Australia.

# Sebelum pilihan jatuh pada Chris Hemsworth, nama Liam Hemsworth, sang kakak, juga sempat jadi pertimbangan.

# Film ini adalah film kedua Natalie Portman yang didasarkan pada komik setelah 'V FOR VENDETTA'.

# Untuk mempersiapkan perannya sebagai Loki, Tom Hiddleston belajar capoeira.

# Anthony Hopkins setuju memerankan Odin meskipun ia tak pernah tahu soal komik Thor ataupun legenda Thor. Ia mendasarkan aktingnya pada konsep hubungan antara ayah dan anak.

# 'THOR' ini adalah film adaptasi komik yang pertama buat Anthony Hopkins. Sebelumnya ia sempat ditawari memerankan Alfred dalam 'BATMAN BEGINS'.

Sumber: Suara Merdeka CyberNews,bicarafilm.com,wowkeren.com,ecranlarge.com,kapanlagi.com,flickmagazine




2 Response to "Thor : Satu Lagi Anak Dewa yang Turun ke Bumi"

  1. Movfreak says:

    Tinggal 2 nih, "Thor" sama "Captain America" sebelum tahun depan "The Avengers". 2012 tahunnya adaptasi komik deh, ada "The Dark Knight Rises" sama "Man of Steel" juga
    *Can't wait
    :D

    ix says:

    @Movfreak : penggemar komik yah ?

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme