Bruce Lee,My Brother: Sisi Lain Sang Naga Kecil

bruce lee

Siapa yang tidak kenal dengan Bruce Lee, aktor martial arts legendaris yang sangat mendunia? Semuanya pasti mengenal sosoknya yang khas dan ikon martial arts terkenal ini. Apalagi dengan gaya tarung dan teriakan khasnya serta dengan ucapannya seperti “ You kill my brother “.

Setelah digempur dua film Ip Man (Ip Man 2, Ip Man : Legend is Born)dan 1 film bertema Wing Chun (Kung Fu Wing Chun), kini giliran Bruce Lee unjuk gigi di layar lebar. Bruce Lee yang juga salah satu murid kesayangan master Ip Man ini akan tampil dalam film terbarunya Bruce Lee, My Brother. Pemilihan judul seperti itu bukanlah tanpa sebab, karena film ini lebih didasarkan kesaksian dan sudut pandang dari adik kandung Bruce Lee yang bernama Robert Lee. Seperti yang diketahui Bruce Lee memilik 4 saudara kandung yaitu Agnes Lee ,Phoebe Lee, Peter Lee dan Robert Lee.
Sebuah film biografi hasil garapan produser Hongkong mengisahkan perjalanan Bruce Lee yang belum banyak diketahui publik.
“Bruce Lee, My Brother”, sebuah film berbahasa China dengan budget $4.6 juta ini akan dirilis dua hari sebelum peringatan ultah Bruce Lee ke 70 (27 November 2010), film ini sebagai tribute kepadanya.

Kisah yang diambil dari pengalaman adik laki laki dan dua kakak perempuan Bruce ini mengangkat perjalanan sang ikon kungfu di kampung halamannya Hongkong, sebelum pergi belajar ke Amerika.


“Banyak orang mengetahui film dan filososinya setelah dia menjadi terkenal. Namun sangat sedikit orang yang tahu tentang keluarga, orangtua, cinta pertama, apa yang dia lakukan di lokasi syuting film sebagai seorang aktor muda,” ungkap produser Manfred Wong.

Lee mengukir jejak sebagai instruktur bela diri di Amerika sebelum tampil perdana di seri pendek televisi the Green Hornet. Berjuang menembus Hollywood, dia kembali ke Hongkong, dan namanya pun melesat dalam film hit macam "The Bigg Boss" dan "Fist of Fury" sebelum meninggal di umur 32 (1972) akibat pembengkakan otak.
“Bruce Lee, My Brother”, mengisahkan perjalanannya sebelum itu.
"Produksi ini menawarkan sudut pandang baru dalam memahami seseorang. Kita melihat seseorang yang begitu nyata dan rapuh. Bruce Lee yang kita lihat dalam film laksana dewa," ujar Wong Yiu-keung, ketua fan klub Bruce Lee sekaligus penasehat dalam film ini.

Dalam film ini pendatang baru Aarif Lee, 23, didapuk untuk memerankan Bruce Lee muda.
Meski Aarif tidak memiliki hubungan kerabat, penyanyi sekaligus pencipta lagu yang berdarah campuran China, Malaysia dan Utara tengah ini dianggap memiliki postur tubuh yang serupa dengan Bruce, yang masih keturunan Jerman dari ibunya. Kita seperti melihat Bruce Lee bermain film kembali, apalagi kustom dan propertinya, benar – benar kita seperti dibawa kemasa lalu.

Dikisahkan ayah Bruce Lee, Li Hai Quan (Tony Leung Kar-Fai) adalah seorang pemain opera Canton terkenal yang memiliki hobi berkeliling dunia dengan keluarganya. Bruce Lee dilahirkan di San Francisco, Amerika Serikat pada 27 November 1940 dengan nama Lee Chi Ting. Keluarga Lee kemudian pindah ke Hong Kong selang sebulan sebelum invasi tentara Jepang ke China selama 3 tahun dan 8 bulang di Hong Kong. Sejak bayi, Bruce Lee sudah diajak ayahnyabermain dalam film Golden Gate Girl pada tahun 1941. Saat usianya menginjak 9 tahun,Bruce Lee membintangi The Kid dengan nama panggung Lee Xiao Long (atau yang lebih dikenal dengan sebuatan "Naga Kecil"). Beranjak remaja, Bruce Lee menjadi bandel dan sering terlibat perkelahian di jalanan. Bruce Lee menghabiskan waktu di kedai teh bersama dua sahabatnya, Kong dan Unicorn. Namun, hubungan Bruce Lee dengan Kong mulai retak setelah keduanya mencintai seorang gadis yang sama bernama Pearl. Sementara itu, Man-man (Jennifer Tse) seorang gadis teman dansa Bruce Lee di kontes dansa Latin diam diam menaruh hati pada Bruce Lee.


Bruce Lee yang menpelajari ilmu kungfu Wing Chun dari gurunya, master Ip Man saat berusia 13 tahun mulai ikut turnamen tinju untuk pertama kalinya. Lawannya adalah seorang petinju berkulit putih, Michael Owen (Alex Yen) dan berhasil dikalahkannya. Pada malam kemenangannya, Bruce Lee menemukan sahabatnya Kong berubah menjadi pecandu narkoba dan Unicorn menjadi bandar narkoba. Dalam suatu insiden, Bruce Lee terlibat perkelahian jalanan. Kelompok Triad dan polisi korup yang sudah lama mengincar Bruce Lee menjadikannya sebagai sasaran empuk untuk dijebloskan ke dalam penjara. Untuk menyelamatkan anaknya, ayah Lee tidak punya pilihan selain mengirimkan Bruce Lee ke San Fransisco untuk bertemu kakak tertuanya, Agnes Lee dan melanjutkan studinya di universitas Washington.

Pada intinya film lebih menyorot perjalanan hidup seorang Bruce Lee menjadi ikon martial arts legendaris. Setidaknya ada 20 film yang dibintangi Bruce Lee seperti Way of the Dragon, Enter the Dragon, Fist of Fury dan The Green Hornet. Sayangnya, nasib Bruce Lee berakhir tragis. Bruce Lee meninggal pada 20 Juli 1973 di Hongkong di usia muda. Sampai sekarang, penyebab kematian Bruce Lee masih misterius kendati ada yang menyebutkan Bruce Lee meninggal karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

Namun,disayangkan film ini tidak pernah menyelidiki terlalu dalam ke salah satu segi kehidupan Lee.Yang pasti dengan menonton film ini, kita seperti melihat Bruce Lee bermain film kembali dan kita akan mengetahui bagaimana ia mendapatkan nama Inggrisnya. Dengan kustom dan propertinya, benar – benar kita seperti dibawa kemasa lalu.Buat yang menginginkan adegan berkelelahi besar - besaran harus kecewa. Buat fans – nya Bruce Lee selamat menikmati.


sumber : Movie Cafe,astaga.com,lintas21.blogspot.com,flickmagazine

2 Response to "Bruce Lee,My Brother: Sisi Lain Sang Naga Kecil"

  1. renggana@ says:

    semua jurus dan gerakan bruce lee sangat didukung oleh postur dan kebugaran tubuhnya,.fleksibel lincah dan sangat cepat.
    beliau memang pantas menyandang sang legendaris yang tiada duanya,dia adalah ikonnya ilmu bela diri.
    Bruce Lee is the best.
    beristirahatlah dengan tenang,
    O'ya saya hanya ingin memberikan sedikit masukan,dan penghargaan kpd belia tentang cuplikan clip film kematianya ada music yang pas u mengiring kepergiannya,.dengan lagunya " (Teresa Teng)"_Good Bye my love...thank's

    ix says:

    @renggana :(y)

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme