Titanic 3D : Kembali dengan Luar Biasa

Titanic 3D poster

Seratus tahun yang lalu, tepatnya 15 April 1912 , kapal RMS Titanic milik White Star Line Inggris tenggelam di Samudera Atlantik utara. Sebelumnya, kapal itu menabrak gunung es dalam pelayaran perdananya dari Southhamptonn, Inggris, ke New York City, Amerika Serikat. Sebanyak 1.514 orang tewas dalam tragedi yang dinilai sebagai bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah itu.

Seabad tragedi tenggelamnya kapal Titanic di Samudera Atlantik utara dimanfaatkan untuk merilis film drama romantis Titanic versi tiga dimensi. Film besutan James Cameron versi sebelumnya menuai sukses besar di berbagai negara pada 1997. Didunia perfilman, film ini pada tahun 1997 meraih 11 penghargaan Academy Awards.

"Banyak generasi baru yang belum pernah menyaksikan film Titanic. Film yang mengharukan ini akan lebih hidup dengan teknologi 3D terbaru saat dirilis kembali. Penonton akan diajak menyusuri dan menyaksikan detik-detik tenggelamnya Titanic pada 15 April 1912," kata James Cameron, Sutradara Titanic.

Seperti dilansir Associate Press, sang sutradara, James Cameron, dan aktris Kate Winslet terlihat berjalan di Red Carpet di pemutaran perdana film tersebut. "Di dalam versi 3D ini, setiap momen yang terekam akan terasa sangat menegangkan, terutama saat tenggelam," kata Cameron kepada wartawan.

Titanic 3D premiere


Sebelumnya, Cameron baru saja merekam gambar di lautan terdalam untuk film terbarunya. Baginya, keindahan dalam laut merupakan inspirasi Cameron untuk membuat film Titanic 3D.

"Salah satu alasan yang membuat saya tertarik membuat film Titanic adalah keindahan dalam laut," ucap Cameron. "Bagiku, menyelam di laut terdalam adalah kesempatan yang sangat berharga".

Titanic 3D
Titanic yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet berhasil menyabet Sutradara Film Terbaik dan Gambar Terbaik di piala Oscar pada 1997. Film ini juga menjadi yang pertama kalinya mendapatkan keuntungan US$ 1 miliar. Film itu juga meraih film terbesar dan terlaris sepanjang masa, sampai akhirnya dikalahkan oleh film Avatar (film karya James Cameron juga).

Sutradara film Titanic sekaligus Avatar, James Cameron mengkritik ambisi studio Hollywood yang mengonversi film berformat dua dimensi (2D) menjadi tiga dimensi (3D) secara sembrono. "Seharusnya sejak awal, direksi sudah memutuskan jika ingin memproduksi film 3D," katanya kepada situs BBC.

Kalaupun harus dikonversi, tegas Cameron, hal itu dilakukan oleh pembuat film. Jika tidak, katanya, maka studio telah mengorbankan kualitas film demi biaya murah dan dikhawatirkan merusak peminat penonton film 3D di masa depan.

Titanic 3D
Sutradara Titanic itu juga mengkritik peluncuran Alice in wonderland sebagai film 3D yang dihasilkan bukan melalui proses. Sambil menunjukkan perlengkapannya, Cameron menambahkan, "Dengan semua alat ini, Anda dapat menilai, film 3D yang baik dan buruk atau konversi yang baik dan buruk," katanya.

James Cameron berjanjikan akan membuat Titanic 3D secara matang, tidak terburu-buru, dan tidak mengonversi secara sembrono. Versi 3D ini telah menelan biaya produksi sekitar 18 juta dolar AS dan mempekerjakan 300 seniman dalam waktu 60 minggu untuk menyelesaikannya.

Titanic 3D
James Cameron tampaknya boleh berbangga hati. Pasalnya, keuntungan film populer garapannya, Titanic, berhasil melampaui 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 18,3 triliun). Kesuksesannya itu berkat perilisan ulang dalam format 3D yang menambah keuntungan Titanic versi 1997.

Seperti dikutip Associated Press, Senin (16/4), Titanic bukan satu-satu film Cameron yang melampaui angka 2 miliar dolar AS. Sebelumnya, film sci-fi populer, Avatar, juga berhasil meraup keuntungan 2,8 miliar AS di seluruh dunia, yang dirilis pada 2009 lalu.

Hinga pekan ini, Titanic 3D sudah meraup keuntungan total sebesar 190,8 juta dolar setelah diputar di sebanyak 69 negara. Sebelumnya, Titanic (1997) hanya meraup keuntungan total 1,84 miliar. Kini berkat perilisan format 3D, film yang mengisahkan tenggelamnya kapal pesiar mewah itu akhirnya mencapai 2,03 miliar.

Film yang dibintangi Leonardo Di Caprio dan Kate Winslet versi tiga dimensi itu juga membuat penasaran para penggemar film di Tanah Air. Sejak Ahad (15/4) kemarin, bioskop-bioskop di Jakarta yang memutar film itu diserbu penonton.

Romantisme kisah cinta tokoh dalam film itu dan format dengan teknologi mutakhir dipastikan menjadi daya tarik. Sehingga, para penonton rela antre untuk menyaksikan kembali film itu


Sumber :Liputan6.com,photos.lucywho.com,labutaca.net,Postervanjava,IMPAwards

0 Response to "Titanic 3D : Kembali dengan Luar Biasa"

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA... JANGAN RAGU RAGU DAN MALU MALU, KAMI SIAP MENAMPUNG UNEG UNEG ANDA TENTANG POSTINGAN MAUPUN TAMPILAN BLOG KAMI... SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN THANK YOU SO MUCH..!

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme